Urutan Film Marvel yang Bisa Kamu Ketahui untuk Marathon Beserta Sinopsinya

FURUSUMA – Urutan film Marvel wajib kamu ketahui. Marvel Cinematic Universe merupakan salah satu franchise film tentang superhero paling laris sepanjang masa hingga kini. Pasalnya, film yang Marvel hasilkan juga memang sudah banyak sekali. Terlebih, basis dari fansnya juga kuat di seluruh dunia. Bahkan, meski orang awam juga banyak yang menikmati film yang MCU rilis dan sering menjadi box office di bioskop.

Bagi kamu yang bukan fans Marvel garis keras namun ingin mengikuti Marvel Cinematic Universe, namun bingung ingin mulai nonton film darimana. Berikut ini adalah urutan film Marvel yang bisa kamu pahami dari awal berdasarkan timeline terbaru.

Urutan Film Marvel Cinematic Universe

Untuk urutan film Marvel Cinematic Universe sendiri tidak ditentukan berdasarkan kapan film tersebut rilis. Pasalnya, bisa saja film yang rilis belakangan atau baru merupakan film menempati garis waktu yang lebih awal daripada film yang sudah rilis terlebih dahulu. Maka dari itu, berikut ini adalah urutan berserta penjelasan film Marvel. Bagi kamu penasaran, yuk langsung simak pembahasan urutan film MCU berikut ini.

Captain America: The First Avengers (2011)

Captain America: The First Avengers (2011)  Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel pertama akan dimulai ketika 1940, di mana seorang pria bernama Steve Rogers ditolak masuk militer Amerika karena memiliki badan terlalu kecil. Namun, ketika dirinya menyutujui untuk menjadi eksperimen membuat tubunya menjadi lebih kekah. Kini ia dijuluki sebagai Captain America.

Urutan film Marvel ini juga akan menceritakan tentang seorang ilmuwan bernama Howard Stark memberikan tameng khusus pada Captain America dan tameng tersebut terbuat dari vibranium. Vibraium sendiri diketahui dari Wakanda dan akan dijelaskan melalui film Black Panther. Film ini berfokus pada aksi dari Captain America dalam temanya yaitu Bucky Barnes dalam melawan HYDRA.

Captain Marvel (2019)

Captain Marvel (2019) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel berikutnya akan lompat jauh ke tahun 1995, di mana terdapat seorang wanita super bernama Carol Danvers jatuh ke bumi dan mengalami hilang ingatan. Carol bersama Nick Fury dari S.H.I.E.D dan Marria Rambeau, menemukan bahwa terdapat alien Kree yang selama ini telah hidup bersamanya namun mereka suka membunuh dan menghancurkan.

Carol yang kemudian sebagai Captain Marvel mencoba melindungi bumi dari serangan Kree, dengan dibantu juga oleh Tesseract dari S.H.I.E.L.D. Setelah dirinya berhasil melindungi bumi, kini Captain Marvel kembali ke ruang angkasa serta menjelajahi antar galaksi.

The Incredible Hulk (2008)

The Incredible Hulk (2008) Urutan Film Marvel

Eksperimen tentara seperti Captain America juga diadakan kembali melalui film The Incredible Hulk. Urutan film Marvel ini mengisahkan tentang ilmuwan bernama Bruce Banner melakukan eksperimen, namun bukannya menjadi gagah seperti Captain America, Bruce malah menjadi raksasa hijau yang berubah setiap ia marah.

Dalam urutan film Marvel ini, Bruce Banner dibintangi oleh Edward Norton. Namun, ternyata terdapat pergantian pemeran ke Mark Rufallo pada film-film Marvel berikutnya. Dengan begitu, film ini dianggap tidak masuk ke deratan film MCU oleh banyak fans MCU.

Iron Man (2008)

Iron Man (2008) Urutan Film Marvel

Melalui urutan film Marvel ini banyak fans yang mengira ini merupakan fim origin Avengers yang kedua daripada Hulk. Iron Man sendiri mengisahkan tentang Tony Stark yang merupakan miliader dalam bidang senjata teknologi tinggi. Tony merupakan putra dari Howard Stark, seorang ilmuwan yang terlibat dalam eksperimen Captain America.

Pada suatu ketika Tony diculik oleh komplotan terores menggunakan senjata yang dibuat oleh perusahaanya sendiri, Stark Industry. Agar dirinya selamat,Tony Stark membuat kostum baja yang nantinya akan membuatnya jadi Iron Man.

Iron Man 2 (2010)

Iron Man 2 (2010) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini merupakan lanjutan dari film Iron Man I, ternyata selain Tony Stark terdapat beberapa karakter penting dalam Marvel seperti Black Widow dan War Machine diperkenalkan melalui film Iron Man II. War Machine merupakan mitra Iron Man, sedangkan Black Widow adalah agen dari S.H.I.E.L.D. Iron Man 2 juga diakhiri dengan sebuah scene yang menunjukan terdapat palu milik Thor, ada di New Mexico.

Thor (2011)

Thor (2011) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini mengangkat latar tempat jauh dari Bumi, tepatnya dari planet bernama Asgard, terdapat hidup dewa Odin Sang Raja dengan memiliki dua putra bernama Thor dan Loki. Thor sendiri merupakan anak yang arogan, hingga dirinya harus dibuang ke Bumi.

Di Bumi, Thor bertemu dengan seorang ilmuwan bernam Jane Foster beserta agen dari S.H.I.E.L.D. Sepanjang film Thor juga berfokus pada tentang upaya dari Loki untuk membunuh Thor, namun rencana tersebut gagal. Malahan dicerita Loki mati.

The Avengers (2012)

The Avengers (2012) Urutan Film Marvel

Setelah diceritakan mati dalam film Thor, dalam urutan film Marvel ternyata Loki masih hidup bahkan berhasil selamat berkat masuk ke sebuah wormhole. Loki bertemu dengan alien jahat bernama Thanos yang mana meminjamkan Mind Stone. Batu tersebut mampu membuat seseorang bisa mengendalikan pikiran orang lain. Selain itu, Loki juga mencuri Tesseract dari S.H.I.E.L.D.

urutan film Marvel The Avengers ini akan berfokus pada upaya Avengers di bumi untuk mengalahkan Loki dengan tentara alien yang datang menyerang bumi. Dalam film ini, Avengers beranggota Captain America, Iron Ma, Thor, Black Widow, Hawkeye, dan Hulk.

Loki (2021)

Loki (2021) Urutan Film Marvel

Urutan Film Marvel ini mengangkat konsep dari timeline MCU mulai terpecah di sini, sehingga terjadi konsep baru semacam timelice aklternatif. Film yang satu ini diproduksi setelah rilisnya Avengers: Endgame, yang mana para Avengers mencuri Space Stone agar bisa mengalahkan Thanos.

Dalam Urutan Film Marvel ini diceritakan tentang Loki yang sudah mencuri Space Stones tersebut sebelum Avengers, sehingga memunculkan lebih dari satu timeline. Bahkan Loki juga menemuka berbagai versi dirinya yang berbeda, salah satunya yakni Sylvie (Loki versi perempuan)

Iron Man 3 (2013)

Iron Man 3 (2013) Urutan Film Marvel

Urutan film marvel kali ini akan kembali ke bumi, yang mana Iron Man akan beraksi untuk mengalahkan Aldrich Killian yang menculik presiden bahkan membuat kekacauan. Iron Man sendiri berhasil menyelamatkan presiden, sayangnya Killian justru menculik asisten sekaligus wanita yang ia cintai, yakni Pepper Pots.

Pepper Potts pun disuntik oleh serum berbahaya yang mana dirinya bisa mati, namun dirinya justru mendapatkan kekuatan super. Alhasil, Killian tewas karena kekuatan Peppert Pots dan Iron Man.

Thor: The Dark World (2013)

Thor: The Dark World (2013) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel kali ini juga akan terdapat bebatuan alam semesta, yaitu Reality Stone yang dimanifestasikan menjadi benda melayang memiliki warna merah bernama Aether dalam urutan film Marvel ini. Menceritakan Aether sebagai zat zahat yang bisa mengubah segala sesuatu menjadi jahat.

Urutan film Marvel ini juga akan berpusat pada upaya Thor dalam melawan pengaruh jahat dari Aether. Loki juga akan datang membantu, bahkan Loki diceritakan akan mati meskipun kita sudah mengetahui bahwa dirinya masih hidup dalam timeline maupun universe lainnya.

Captain America: The Winter Soldier (2014)

Captain America: The Winter Soldier (2014) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel berikutnya yakni memiliki banyak plot twist, bahkan membuat fans Marvel geger pada masanya. Ternyata, terdapat agen HYDRA yang menyusup ke dalam S.H.I.E.L.D yang membangun pertahanan untuk menghancurkan seluruh dunia bahkan bisa membunuh semua orang.

Urutan film Marvel ini akan menyajikan kisah Captain America dengan Black Widow yang melarikan diri sembari melacak siapa sebenarnya identitas dari Winter Soldier. Ternyata identitas dari Winter Soldier yakni Bucky Barnes yang telah disangka mati pada film perdana Captain America. Namun, dalam urutan film kali ini Bucky sudah dicuci otak.

Guardian of The Galaxy (2014)

Guardian of The Galaxy (2014) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel kali ini akan kembali ke luar angkasa, mengisahkan tentang seorang manusia bumi bernama Peter Quil duculik ketik masih kecil sehingga menjadi seorang pencuri di luar angkasa dan namanya menjadi Star Lord. Kemudia, Thanos menyuruh anak angkatnya bernama Gamora untuk merebut batu tersebut.

Dalam urutan film Marvel ini akan membuat Gamora menjadi satu tim dengan Peter, rakun penembak Rocket, pohon yang bisa berbocara Groot, dan alien biru yakni Drax. Di mana mereka akan berjuang untuk melindungi Power Stone dari Thanos dan pesuruh-pesuruhnnya, seperti Nebula yang merupakan saudara angkat Gamora.

Guardians of the Galaxy Volume 2 (2017)

Guardians of the Galaxy Volume 2 (2017) Urutan Film Marvel

Peter Quil sendiri memang diculik dari bumi, namun ternyata dirinya merupakan salah satu anak dari entitas ruang angkasa bernama Ego. Ego memiliki wujud planer namun dirinya juga bisa menjadi seperti manusia. Urutan film Marvel ini Peter akan mengetahui kematian ibunya karena ayahnya sendiri.

Dalam urutan film Marvel kali ini juga akan terdapat sosok tokoh penting bernama Mantis, yakni empaths yang mampu mengendalikan pikiran.

Avengers: Age of Ultron (2015)

Avengers: Age of Ultron (2015) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini akan mengumpulkan para Avengers dan pergi ke sebuah negara imajiner yakni Sokovia. Dalam urutan film Marvel ini Tony Stark dan Bruce Banner akan bekerja sama dalam membuat artificial inteligence menggunakan Mind Stone, hingga jadilah Ultron.

Ultron yang berubah menjadi mesin pembunuh hingga Avengers harus melawan mereka. Lalu, Sokovia pu nyari hancur bahkan banyak orang yang terbunuh. Film pun diakhir dengan scene yang menunjukan Thanos kesal karena semua pesuruhnya gagal mendapatkan Infinity Stone.

Ant-Man (2015)

Ant-Man (2015)

Urutan film Marvel ini akan bermula pada Hank Pym dan putrinya bernama Hope untuk berakhir melawan Darren Cross yang ingin menjual teknologi pada orang jahat. Teknologi tersebut dikembangkan oleh Hank Pym dan melibatkan kuantum.

Hank Pym sendiri tidak ingin putrinya melawan Cross, hingga akhirnya mereka merekrut orang bernama Scott lang untuk menjadi Ant-Man. Pada akhirnya juga Hope berkesempatan untuk menggunakan kostum superhero seperti Ant-man.

Captain America: Civil War (2016)

Captain America: Civil War (2016) Urutan Film Marvel

Setelah kejadian di Sokovia, urutan film Marvel ini akan menunjukan Iron Man yang rehat dari Avengers dan diawasi oleh PBB. Justru, Captain America menolak karena dirinya sendiri tidak percaya dengan pemerintah. Pada akhirnya kedua Avengers tersebut berpeda pendapat dan membentuk kubunya masing-masing. Thor dan Hulk sendiri tidak ikut, lantaran mereka sedang berada di luar angkasa, yaitu Asgard.

Ketika kubu Captain America dan Iron Man berseteru, penjahat yang sebenarnya kabur. Beruntung Black Panther segera mengalahkan dan menangkap mereka, sayangnya Avengers pun dibubarkan pada titik ini. Sementara itu, Black Panther membawa Buck ke Wakanda dalam kondisi yang sedang membeku.

Black Panther (2018)

Black Panther (2018)

T’Challa pun menjadi raja Wakanda dan mendapatkan gelar Black Panter. Urutan film Marvel ini mengangkat latar tempat pada Wakanda yang merupakan di negara di Afrika tersembunyi dan sangat maju daripada negara-negara Afrika lainnya.

Sayangnya, tidak semua orang senang T’Challa menjadi raja seperti sepupunya bernama Killmonger yang datang dan mencoba merebut tahta T’Challa. Ia tidak suka karena T’Challa terlalu menutup Wakanda dari dunia luar lantaran takut dunia akan memanfaatkan mereka untuk mendapatkan vibranium.

Black Widow (2021)

Black Widow (2021)

Urutan film Marvel ini mengambil setting setelah Civil War, yang mana Black Widow alias Natasha melarikan diri dan bertemu dengan saudarinya, bernama Yelena. Natsha dan Yelena dibesarkan oleh orang tua angkat di Amerika dan dipaksa menjadi pembunuh dengan mendapatkan julukan Black Widow di Rusia.

Dalam film ini Natasha dan Yelena bekerja sama untuk membebaskan perempuan-perempuan lainnya yang masih terjebak dalam program Black Widow. Pada akhir film ini akan menampilkan Yelena yang mengunjungi makam Natastha karena dirinya mati dalam Avengers: End Game. Yelena yang mengetahui saudarinya yang terbunuh karena Hawkeye, berniat untuk balas dendam.

Spider-Man: Homecoming (2017)

Spider-Man: Homecoming (2017) Urutan Film Marvel

Urutan film kali ini juga mengambil setting setelah Civil War, yang mana menapilkan kisah kehidupan Spider-Man alias Peter Parker. Ia masih seorang murid SMA dan tetap bersih teguh menjadi anggota Avengers. Oleh karena itu, Peter pun berusaha untuk mengalahkan penjahat bernama Vulture, yakni menjual senjata bertenaga batu luar angkasa pada sekelompok jahat.

Iron Man sendiri menentang rencana Peter untuk mengalahkan Vulture. Namun, ketika Peter berhasil Iron Man pun merubah piirannya dan menawarkan posisi sebagai Avengers pada Spider-Man.

Doctor Stranger (2016)

Doctor Stranger (2016) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini akan memperkenalkan tokoh baru.Yakni seorang ahli bedah bernama Stephen Starange mengalami kecelakaan dan menyebabkan ia harus mencari obat agar menyembuhkan dirinya yaitu pergi keti Kamar-Taj, sebuah kota mistis.

Dalam kota tersebut, dirinya dalam pengawasan Ancient One, Wong, dan Mordo. Stephen pun memiliki kemampuan super dan bisa menyelamatkan dunia dengan Mata Agomoto, yang di dalamnya terdapat Infinity Stone yaitu Time Stone. Batu tersebut bisa mengatur waktu, seperti memajukan maupun memundurkan waktu.

Thor: Ragnarok (2017)

Thor: Ragnarok (2017) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini akan menceritakan kisah Thor dalam melawan saudarinya yang jahat, bernama Hela. Hela memiliki niat untuk memusnahkan Asgard akan dirinya sendiri, dalam aksinya melawan Thor, Hela menghancurkan senjata utama Thor yaitu palu.

Di tengah keterpurukannya, Thor pun ditangkat oleh seorang penduduk asal Asgard bernama Valkyrie bahkan dijual untuk sabung luar angkasa. Dalam urutan film Marvel ini Thor melawan makhluk kuat lainnya, beruntung lawan pertamanya yakni Hulk. Sehingga, Thor, Hulk, dan Valkyrie bekerja sama untuk menyelamatkan penduduk Asgard sebelum Hela menghancurkan Asgard.

Ant-Man and the Wasp (2018)

Ant-Man and the Wasp (2018)

Scott Lang menjadi tahanan rumah, namun ia berhasil melarikan diri berkat bantuan Hope Pym yang mennjadi superhero bernama The Wasp. Urutan film Marvel ini akan menampilkan perjalanan misi Hope untuk menyelematkan ibunya yang terjebak dalam Quantum Realm.

Suatu hari Scott dikirim melakukan riset di Quantum Realm. Ia hanya bisa keluar ketika Hank atau Hope menekan tombol yang bisa mengembalikannya ke dunia nyata.Namun, mereka menguap secara misterius sehingga Scott pun terjebak di Quantum Realm.

Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Infinity War (2018)

Thanos bergerak untuk mengumpulkan semua Infinity Stones dengan satu tujuan, yakni menghilangkan separuh populasi alam semesta. Keenam batu tersebut juga akan membuat Thanos mengendalikan semua kehidupan di alam semesta.

Dalam urutan film Marvel ini Thanos membunuh atau mengalahkan superhero satu demi satu, seperti Loki yang matu lagi pada awal film karena Thanos berhasil mendapatkan Space Stone.

Avengers: Endgame (2019)

Avengers: Endgame (2019)  Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini akan menampilkan superhero Avengers yang tersisa berhasil hidup dalam penyesalan dan kesedihan. Lima tahun kemudian, ada Scott Lang yang secara ajaib bisa keluar dari Quamtum Realm berkat seekor tikus.

Scott Lang mengungkapkan rencanannya agar bisa mengembalikan setengah popular dunia yaitu menggunakan Quantum Realm. Berkat rencan tersebut Iron Man dan Captain America pun bekerja sama kembali.

WandaVision (2021)

WandaVision (2021) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini menampilkan duka bagi Wanda yang kehilangan Vision. Hingga akhirnya, Wanda mengendalikan seluruh kota agar bisa berjalan sesuai imajinasinya, yang mana Vision masih hidup. Bahkan mereka memiliki anak bernama Billy dan Tommy.

Tetangga Wanda bernama Agatha yang mengaku sebagai sesama penyihir menyebut Wanda sebagai Scarlett Witch. Wanda berhenti mengendalikan satu kota dan hidup terasing, ia juga membawa buku terlarang yaitu Darkhold dari Agatha.

The Eternals (2021)

The Eternals (2021) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini yaitu hiduplah sekelompok makhluk serupa tuhan bernama The Eternals. Di mana mereka memiliki tugas sebagai menjaga bumi dari monster jahat bernama deviants. Tugas mereka hanya itu, bahkan tidak boleh ikut campur dalam urusan manusia bumi seperti Avengers ketika melawan Thanos.

Ketika separuh manusia bumi setelah kekalahan Thanos, justru bumi akan hancur karena banyaknya manusia untuk dikorbankan bagi Celestial, yaitu the final boss di urutan film Marvel ini.

Spider-Man: Far From Home (2019)

Spider-Man: Far From Home (2019) Urutan Film Marvel

Peter Parker kembali ke kehidupan SMA setelah dirinya menghilang selama lima tahun dan berduka atas kematian dari Iron Man. Bahkan, Peter merasa terbebani dengan tanggung jawab sebagai superhero sehebat Iron Man. Kemudian muncullah seorang pahlawan berjubah, bernama Mysterio.

Falcon and the Winter Soldier (2021)

Falcon and the Winter Soldier (2021) Urutan Film Marvel

Setelah berhasil mengalahkan Thnos, Steve Rogers pub mewariskan gelar Captain America pada Sam Wilson rekannya yang bisa terbang dengan jetpack. Hero tersebut mendapat julukan sebagai Falcon sempat menolak ketika dirinya mewarisi gelar Captain America.

Justru, pemerintahan menyerahkan gelar tersebut pada John Walker yang berniat jahat untuk menyalahgunakan gelar Captain America. Sehingga, Falco pun bangkit untuk melawan John Walker.

Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings (2021)

Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings (2021) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini juga menampilkan tokoh baru lainnya yaitu bernama Shang-Chi. Dirinya bersangkutan dengan kelompok teroris yang pernah menculik Tony Stark dalam film Iron Man pertama. Namun, ia bukan penjahat, ayahnya yakni Wenwu merupakan pemimpin organisasi yang menculik Tony Stark.

Wenwu sendiri digambarkan sebagai sosok ayah keras terhadap anak-anaknya, terlebih membunuh istrinya. Shang-Chi pun melarikan diri ke Amerika dengan menggunakan identitas Shaun.

Spider-Man: No Way Home (2021)

Spider-Man: No Way Home (2021) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel berikutnya yaitu ketika identitas Spider-Man terbongkar sehingga dirinya harus bersembunyi. Karena hal tersebut, Peter dengan teman-temannya MJ dan Ned ditolak masuk MIT. Peter pun mendatangi Doctor Stange agar menghapus ingatan semua orang bahwa dibalik topeng Spider-Man adalah Peter Parker.

Mantra tersebut kacau bahkan membuat villain dari film-film Spider-Man lawan muncul. Tentunya, Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire dan Andrew Garfield masuk ke MCU.

Hawkeye (2021)

Hawkeye (2021) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini ketika Hawkeye menjalani kehidupannya yang gelap. Dirinya berusaha menebus kesalahan dengan hidup lebih baik serta banyak membantu penggemar supernya, yaitu Kate Bishop dalam menuntaskan kejahatan di New York.

Yelena yang merupakan saudara Natasha alias Blac Widow, turut hadir untuk membunuh Hamkeye. Namun, mereka juga berhasil menyelesaikan masalah kesalapahaman tersebut.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini akan menyambung dengan serial WandaVision, di mana Doctor Strange terseret dalam permasalahan multiverse. Pada awal film, ia bertemu dengan seorang remaja dengan kemampuan super bernama America Chaves yang berusaha lari dari kejaran penjahaat.

America sendiri memiliki kemampuan menembus berbagai semesta, kekuatan tersebut membuat Scarlett Witch ingin memanfaatkan America. Sehingga, Doctor Strange pun melakukan segala cara agar bisa menyelelamatkan America.

Moon Knight (2022)

Moon Knight (2022) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini terpisah dari semua cerita sebelumnya, yang mana MCU menghadirkan Moon Knight seorang pekerja museum bernama Stevent Grant. Dirinya memiliki kepribadian lainnya yaitu bernama Marc, keduanya pun memiliki kekuatan super dari dewa bulan yaitu legenda Mesir bernama Khonsu.

Ms. Marvel (2022)

Ms. Marvel (2022) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini akan menampilkan pahlawan super baru bernama Ms. Marvel, dirinya merupakan seorang remaja perempuan bernama asli Kamala Khan penggemar berat Avengers. Kemampuan yang ia miliki yaitu bisa memanjangkan anggota tubuhnya.

Thor: Love and Thunder (2022)

Thor: Love and Thunder (2022) Urutan Film Marvel

Urutan film Marvel ini tentang mantan pacar Thor bernama Jane Foster nyaris mati karena mengidap kanker. Namun, dirinya mendapatkan kekuatan karena dari palu Thor yang sudah dihancurkan oleh Hela sebelumnya. Palu tersebut berada di New Asgard du Bumi, suatu ketika Jane memegang palu tersebut sehingga menjadi new Thor.

Tinggalkan komentar